August 24, 2018

Bagaimana keadaan Anda?

Selama bertahun-tahun lamanya menjadi dokter, saya berjumpa dengan sejumlah pasien yang tampaknya suka sekali mengeluh soal kondisi fisik mereka. Saya memeriksa mereka dan tidak menemukan sedikit pun gangguan kesehatan, tetapi mereka tetap saja merengek dan mengeluh. Sakit yang ini, sakit yang itu, yang semuanya itu hanyalah untuk mengungkapkan, "Saya merasakan tidak enak di sekujur tubuh."

Menurut pendapat saya, semua itu cuma imajinasi mereka saja. Kalau saja mereka mau menghitung berkat-berkat yang sudah mereka peroleh, mereka akan segera melupakan masalah-masalahnya mereka.

Begitu berbeda dengan kasus seorang wanita yang sangat tua, miskin dan lemah, yang ditanya demikian, "Bu, bagaimana kesehatan Anda?" "Oh, saya sangat bersyukur," jawabnya. "Gigi saya tinggal dua, tetapi syukur kepada Allah karena posisi keduanya saling berhadapan!"


—MRD (Mart DeHaan)


Image courtesy of Twain Quotes