March 30, 2017

It was in the silence that I heard your voice

Setelah menonton film Silence oleh Martin Scorsese, ada satu kalimat yang terngiang-ngiang dari narasi Father Rodrigues yang diperankan oleh Andrew Garfield:

It was in the silence
that I heard your voice.

(Bahwa dalam keheninganlah,
ku mampu mendengar suara-Mu.)

Apakah benar seperti itu? Saya bertanya-tanya. Apakah benar bahwa hanya dalam keheningan, kita baru dapat mendengarkan suara-Nya?

Sempat membuat saya enggan membahasnya, menulisnya, dan agak takut-takut mempercayainya.

Lalu, saya membaca-baca majalah edisi lama Architectural Digest, dan menemukan tulisan yang mengulas tentang kediaman (tempat tinggal) Frank Sinatra. Dan di lembaran itu mata saya terperekat pada kata-kata:

I believe in the sun even when it’s not shining. I believe in love even when not feeling it. I believe in God even when he is silent.” 

Dan yang saya ketahui kemudian, itu adalah kata-kata seorang korban selamat dari kamp konsentrasi Auschwitz.

Lalu, ketika mencoba mencari-cari kutipan dari Father (Bapa) Rodrigues tadi di Internet, malah menemukan kata-kata soal silence (keheningan) itu dari Mother (Bunda) Teresa, “The essential thing is not what we say but what God says to us and through us. In that silence, He will listen to us; there He will speak to our soul, and there we will hear His voice.

We cannot put ourselves directly in the presence of God if we do not practice internal and external silence.

Dan…

What is essential is not what we say but what God tells us and what He tells others through us. In silence He listens to us; in silence He speaks to our souls. In silence we are granted the privilege of listening to His voice.

Mungkin kita butuh dan memang sedang mengalami banyak keheningan untuk dapat mendengarkan suara-Nya supaya tahu apa yang harus kita lakukan. Tapi, yang lebih penting ketimbang keheningan di luar—yang sering kali serbabising—adalah pikiran dan di dalam hati kita sendiri.


I am speechless, but I can't keep quiet. And I am wordless, but I can't stay silent.
Lauren Daigle
 
 
Image courtesy of The Cove