January 19, 2019

Karena, Tuhan tidak


Bapak, mamak… terima kasih.

Terima kasih di dalam keterbatasan, bapak dan mamak berjuang… tidak menyerah memberikan, menyediakan, mempersiapkan yang terbaik untuk kami anak-anak bapak dan mamak. Kami tidak pernah bisa secara penuh menyadari dan cukup berterima kasih untuk semua hal yang harus bapak dan mamak lalui supaya kami anak-anak bapak dan mamak bisa merasakan hangatnya memiliki keluarga yang utuh, makan, mengenyam pendidikan formal, memiliki tempat untuk pulang dan tinggal, memiliki pakaian yang layak, dan semua hal yang bisa kami dapatkan sampai pada tahap ini… dan kehidupan kami kemudian. Sungguh terima kasih bapak dan mamak kami sayang.

Abang Surya… terima kasih.

Terima kasih, atas perubahan hidup yang abang alami Grace boleh percaya bahwa Tuhan sanggup memulihkan kehidupan seseorang, seberapa pun kelamnya apa yang dialaminya. Bahwa kasih Tuhan dan pengampunan Tuhan ajaib dan besar atas manusia. Abang selalu menjadi abang yang Grace banggakan sejak dulu. Jangan pernah menyerah mengharapkan dan melakukan hal-hal hebat dengan kehidupanmu bang, bahkan di tengah keterbatasan, karena Tuhan tidak.

Adek Agnes dan adek Adi terima kasih.

Terima kasih telah mengajari kakak cara mengampuni, bahkan untuk orang yang tidak layak diampuni. Kalian telah mempraktekkan kasih Tuhan Yesus Kristus. Bahwa orang jahat bisa berubah jikalau diberi kesempatan, kasih dan pengampunan yang tulus. Kakak telah melakukan banyak hal jahat bagi kalian, namun kalian dengan rela hati memberikan kakak kesempatan, kasih dan pengampunan. Terima kasih adek-adekku. Entah kakak jadi apa jika kakak tidak mendapatkannya dari kalian dan Tuhan Yesus. Tuhan yang mampu membalas semua hal-hal hebat yang kalian lakukan untuk kakak.

Adek Agnes terima kasih.

Terima kasih karena Agnes, kakak sadar bahwa saat berkecukupan kita tidak boleh melupakan Tuhan dan sesama kita manusia. Saat berkecukupan, kita harus dan bisa tetap hidup sederhana. Saat berkecukupan, kita tidak boleh berpuas diri untuk menjadi pribadi lebih baik dan menggali pengetahuan demi menolong orang lain. Saat berkecukupan adalah saat kita menjadi saluran berkat Tuhan untuk sesama kita manusia. Kiranya hal-hal manis terus ditambahkan Tuhan dalam kehidupanmu dek, dan Agnes semakin serupa dengan gambaran-Nya, karena manusia diciptakan untuk menjadi serupa dengan-Nya. Jangan berhenti melibatkan Tuhan dalam mengejar cita-citamu dek, bahkan saat dalam keterbatasan, karena Tuhan tidak.

Adek Adi terima kasih.

Terima kasih karena adek Adi telah bersabar menghadapi kakak. Terima kasih karena di dalam keterbatasan, adek Adi berusaha memberi yang terbaik untuk kakak dan keluarga. Terima kasih… karena adek Adi, kakak dapat semakin mendekatkan diri kepada Tuhan Yesus. Karena adek Adi, kakak kembali meletakkan pengharapan kakak kepada Tuhan Yesus. Karena adek Adi, kakak diingatkan untuk bersungguh-sungguh kepada Tuhan Yesus. Kiranya kasih Tuhan Yesus dan pengenalan yang benar akan Dia yang melampaui akal dan pikiran manusia menjamah dan mengalir memenuhimu dek, sebagaimana yang kakak alami.

Sebagaimana hal-hal di dunia dapat mempengaruhi kita karena kita belajar dan membiasakan diri dengannya dekku… pengenalan akan Tuhan Yesus Kristus juga dapat mempengaruhi kita jika kita mempelajari-Nya dek… kita bisa terbiasa tidak bisa memulai hari tanpa berdoa dan membaca firman-Nya, kita membiasakan diri ke gereja dan meminta-Nya menjamah hati kita dan menguduskan ibadah kita bersama jemaat.

Kiranya kasih mula-mula kepada Tuhan Yesus Kristus yang pernah adek Adi rasakan, adek Adi alami, kembali melawat dan memenuhi hidupmu adekku… Apa pun yang sudah, yang sedang, dan yang akan Adi alami, kami keluarga yang sangat mengasihimu tidak mengetahuinya dengan jelas dan pasti dek, namun Tuhan tahu, dan Tuhan peduli, dan Tuhan mau menerima dan mengampunimu. Tuhan memberkati perjalanan pengenalanmu akan Tuhan dek, dan kita sekeluarga. Amin.


oleh adekku, Grace Eva Novna


Jalan-Mu tak terselami oleh setiap hati kami.
Namun satu hal kupercaya ada rencana yang indah.
Tiada terduga kasih-Mu, heran dan besar bagiku.
Arti kehadiran-Mu selalu nyata di dalam hidupku.
Penyertaan-Mu sempurna, rancangan-Mu penuh damai… aman dan sejahtera walau di tengah badai.
Ingin ku selalu bersama rasakan keindahan… arti kehadiran-Mu, Tuhan.


kami sekeluarga (c. 1996)