October 10, 2017

Kakak PA


Kemarin membuka-buka Alkitab di rumah, menemukan secarik kertas mungil merah berisikan tulisan singkat berikut ini.

Mungkin yang menulis adalah seorang anak kecil murid Sekolah Minggu. Dengan sedikit penekanan tambahan pada jumlah berapa kali dia memintanya, dari 120 saya ubah menjadi 153.


***

Tuhan, sudah 153 kali aku minta pada-Mu
agar Tuhan mengirim kakak PA (pendalaman Alkitab) bagiku.

Jangan kirim padaku
seorang kakak PA yang tidak siap.
Jangan kirim padaku
seorang kakak PA yang sering terlambat.
Jangan kirim padaku
seorang kakak PA yang ketus & galak.
Jangan kirim padaku
seorang kakak PA yang tidak sayang padaku.

Tapi
kirimkan padaku seorang kakak PA
yang baik s'perti Engkau.
tidak usah indah suaranya, asal ramah senyumnya
tidak mesti cakap parasnya, namun menarik pribadinya
tidak usah tegap badannya, asal lembut hatinya
tidak mesti bagus pakaiannya, namun rendah hatinya
tidak usah bagus ceritanya, asal Kristus hidup di hidupnya

Agar...
ketika aku sedih, aku dapat menangis di depannya
saat aku gembira, aku bisa tertawa bersamanya
kalau papa mama berselisih paham, aku mau berdoa dengannya

Tuhan,
aku ingin kakak PA yang baik seperti-Mu.

~ sine nomine

***

 "God, grant me the serenity to accept the things I cannot change, the courage to change the things I can, and the wisdom to know the difference."
Reinhold Niebuhr


Image courtesy of margaretfeinberg.com